Scrub Alami

Scrub_Homemade_Kulit_Berminyak_dan_Jerawat

Cuaca panas, terik matahari dan polusi membuat kulit wajah kita kusam, berminyak dan kasar. Jengkel sekali rasanya bila kulit kita mengalami masalah seperti itu. Salah satu cara untuk mengatasi problem tersebut adalah dengan melakukan scrubbing. Tetapi tak sedikit wanita yang mempunyai cukup waktu untuk ke salon/klinik kecantikan, terlebih lagi biaya yang dikeluarkan cukup mahal (khususnya bagi pelajar).
Untuk mengatasinya, kita dapat memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membuat scrub sendiri. cukup efektif, sehat dan tentunya murah (hehehe)

Ini dia beberapa scrub alami yang bisa kamu coba weekend ini!

 

SCRUB GULA
Campurkan 2 sdt olive oil dan 2 sdt gula ke dalam wadah. Lalu gosok dan pijat lembut pada wajah. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Perpaduan gula dan olive oil dapat membersihkan kotoran yang menempel serta mampu mengangkat sel kulit mati dan memberikan kelembapan pada tekstur kulit. Pas banget nih untuk kamu yang memiliki kulit kering.

SCRUB KOPI
Ambil segenggam kopi bubuk dan campurkan dengan 2 sdt gula. Tuangkan sedikit air hangat dan biarkan selama beberapa jam. Balurkan scrub kopi ini ke permukaan wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu menghancurkan lemak di bawah permukaan kulit.

SCRUB MADU
Sediakan 2 sdt madu dan 2 sdt gula. Campur dan aplikasikan pada wajah dengan gerakan memutar. Diamkan selama 15- 20 menit, lalu bilas hingga bersih. Kandungan vitamin C, magnesium dan asam amino pada madu, bersifat sebagai antiseptik yang bisa mematikan bakteri dan mencegah infeksi di bawah kulit.
SCRUB STRAWBERRY
Campuran stroberi dan madu bisa mencegah kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan radikal bebas, serta menghaluskan kondisi kulit yang sangat kasar. Hancurkan 5 buah stroberi dengan menggunakan blender/sendok, tapi jangan terlalu halus. Campur dengan 2 sdt madu, aduk hingga rata. Oleskan pada seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

SCRUB LEMON
Kulitmu berminyak? Pakai saja scrub lemon yang dicampurkan dengan garam. Kandungan vitamin E pada lemon dapat menjaga kelembapan kulit dan menyeimbangkan mineral yang dibutuhkan oleh kulit. Siapkan hasil perasan dari 1 buah lemon yang dicampurkan dengan garam. Aplikasikan pada wajah dengan gerakan memijat. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s