OPEN MIND: Pelajaran Berharga Dalam Kehidupan

suwardi sdg menyapu fin radar

Waktu itu aku sedang ada mata kuliah ekonomi. Dan seperti biasanya, sebelum memulai pelajaran, dosen memberikan soal kuisioner yang isinya berupa soal-soal pengetahuan umum.
Seluruh murid pun mengerjakannya dengan tenang. Seperti biasanya, aku selalu dapat menjawab semua soal-soal tersebut, sampai akhirnya aku terhenti ketika hendak menjawab pertanyaan terakhir. Pertanyaan tersebut berbunyi demikian “siapa nama depan ibu tukang sapu di taman belakang?”. Pertanyaan ini membuatku ingin tertawa, aku tahu siapa ibu ini.. dia adalah wanita berkulit gelap yang sering tersenyum padaku setiap paginya, tapi aku tak tahu siapa namanya. Karena ragu, aku pun bertanya pada dosen apakah soal terakhir “dihitung” atau tidak?
“Tentu saja di hitung..” jawab dosenku. Akhirnya kukumpulkan jawabanku−tentu saja dengan jawaban kosong di nomor terakhir. Ketika kelas berakhir, sang dosen pun berkata “tidak seorang pun di kelas ini yang dapat menjawab pertanyaan terakhir yang kuberikan. Apa kalian tahu?, disetiap perjalanan karirmu, setiap orang disekitarmu ikut andil di dalamnya, tak peduli apakah orang itu seorang direktur ternama, atau bahkan tukang sapu sekalipun. perhatikanlah orang-orang di sekitarmu, karena mereka adalah jalan bagimu dalam meraih kesuksesanmu”
Seketika itu pun aku bergegas keluar kelas, ku cari ibu tukang sapu itu di taman, dan aku pun tahu.. nama depannya adalah “Dorothy”.

Leave a Reply

