Arti Memberi (open mind series)

Hidup-Untuk-MemberiHari minggu pagi itu dingin sekali. Semua orang bergegas memasuki sebuah restoran cepat saji. Sembari sarapan, tentu saja orang-orang yang masuk ke resto cepat saji ini hendak menghangatkan tubuhnya. Berada didepanku, seorang pria berpakaian kumal dan jenggot tak beraturan. Dia menghitung uang receh ditangannya.”Cukup untuk beli kopi” ujarnya sambil tersenyum.kopi panas terhidang. Dia mengambil nampan dan meletakkan secangkir kopi di atas nampan. Ia berlalu sembari melempar senyum padaku.

Tiba didepan kasir, aku memesan dua paket makan pagi untuk aku dan kakakku. Sembari menunggu paket pesananku disiapkan, aku melirik earah pria tadi duduk. Disampingnya ada seorang pria lain yang lebih tua. Tangannya gemetar hendak menyeruput kopi tadi. Pria yang pertama seolah sedang menceritakan sesuatu padanya dengan penuh semangat. Aku memalingkan wajahku kembali. Tiba-tiba pelupuk mataku terasa panas. Ketika pramusaji meletakkan nampan berisi paket sarapan pesananku, aku memesan dua paket makanan lagi. Aku mengambil nampan tadi dan meletakkan dua paket makanan di meja kedua pria itu.

Aku kembali ke kasir dan mengambil dua paket pesananku yang lain. Setelah itu,aku berjalan ke meja tempat kakakku menunggu. Kakakku hanya tersenyum. Aku merasa tenang karenanya.

Ketika menikmati makanan kami, sosok tubuh berdiri dihadapan kami dan bersuara, “terima kasih. Maaf kami tadi lupa mengucapkan terima kasih karena kami sangat terkejut. Sebenarnya kami memang hanya berniat menghangatkan tubuh karena kami tidak ada cukup uang untuk makan pagi. Tapi anda telah menjadi malaikat bagi kami. Sekali lagi terima kasih.” Sembari memamerkan senyum indahnya, pria itu memegang tanganku dan menjabat tangan kakakku. Tubuhnya berbalik dan pergi. Kami melanjutkan makan dalam diam. Namun, didalam hatiku ada sesuatu yang membuncah… Minggu pagi itu tak pernah terlupakan…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s