10 Jenis Fruit-Booster Untuk Diet Cepat dan Sehat

Untuk anda yang sedang menjalani program diet atau sekedar ingin menerapkan pola hidup sehat, buah-buahan pasti menjadi menu wajib yang tak terlewatkan. Namun tahukah anda jika tidak semua buah-buahan dapat mempercepat penurunan berat badan? Berikut ini adalah 10 jenis buah-buahan yang mempercepat penurunan berat badan dan dapat dengan mudah ditemukan di pasar ataupun swalayan terdekat.

 

  1. Buah Apel [52 Kkal, 2.6% AKG]

Buah apel sangat kaya akan serat namun rendah jumlah kalorinya. Apel juga mengandung banyak vitamin serta mineral yang jumlahnya sama tingginya dengan kandungan seratnya. Kandungan tersebut akan membantu menurunkan berat badan anda dengan baik. Buah apel sangat baik untuk sarapan karena dapat memberikan energy cukup besar dengan kalori yang rendah.

  1. Buah Pir [58 Kkal, 3% AKG]

Buah pir adalah salah satu super fruit dalam hal penurunan berat badan. Kandungan serat di dalam buah pear ini jauh lebih tinggi dibandingkan kandungan serat pada buah – buahan lainnya. Kandungan serat yang sangat tinggi akan membuat kita merasa jauh lebih kenyang, dan ini merupakan salah satu metode penurunan berat badan yang ampuh. Selain mengandung serat yang sangat tinggi, buah pear juga memiliki kandungan lain seperti potassium. Potassium ini berguna untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh dan menyehatkan fungsi jantung.

  1. Buah Pisang [105 kkal, 5% AKG]

Buah pisang adalah buah yang memiliki rasa yang enak dan manfaat kesehatan yang beragam. Pisang ini buah yang kaya akan potassium dan serat dalam jumlah yang sama tingginya yang bermanfaat untuk membantu proses penurunan berat badan. Termasuk makanan untuk anak diare
 yang sangat baik pada pencernaan. Buah pisang adalah satu-satunya buah yang memiliki jumlah kandungan vitamin B6 yang tinggi. 1 buah pisang saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin b6 di dalam tubuh kita setiap harinya. Vitamin B6 berguna untuk meningkatkan sistem imun dan menurunkan resiko sakit jantung. Buah pisang juga dapat menjadi alternatif pengganti nasi saat anda sedang lapar.

  1. Buah Strawberry [32 Kkal, 1.6% AKG]

Bagi anda yang ingin cepat berhasil diet, buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Buah strawberry dapat mendorong produksi hormon leptin dan hormon adiponectin yang berguna dalam proses pembakaran lemak dan akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Jika dalam porsi seimbang dengan konsumsi makanan sehat lainnya, metabolisme tubuh akan meningkat dan tubuh akan lebih sehat, dan tentu saja akan membantu mempercepat penurunan berat badan. Strawberry juga mengandung banyak enzim anti inflamasi. Enzim ini akan membantu memulihkan kembali luka dalam maupun jaringan tubuh yang rusak.

  1. Buah Kiwi [61 Kkal, 3.05% AKG

Banyak orang menyukai buah kiwi karena kiwi bisa dimakan sekaligus dengan kulitnya. Rasanya enak yaitu perpaduan antara rasa manis dan asam sekaligus saat dikunyah. Di dalam buah kiwi, terkandung vitamin C dan serat yang cukup tinggi, biji hitamnya juga mengandung serat yang lambat untuk dicerna. Makanan kaya serat ini akan membantu proses pencernaan di dalam tubuh. Selain serat lambat dicerna, kiwi juga mengandung serat mudah dicerna yang akan mendorong rasa kenyang lebih cepat. Dan, ini sangat cocok bagi yang sedang dalam program diet.

  1. Buah Jeruk [47 Kkal, 2.35% AKG]

Buah jeruk sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Buah jeruk memiliki kandugan vitamin C yang sangat tinggi. Zat seperti thiamin dan folat juga ada di dalam buah jeruk ini. Meskipun demikian, kandungan nutrisi di dalam jeruk yang sudah dibuat jus berbeda dengan nutrisi dengan yang masih terkandung di dalam buah jeruk utuh. Saat buah jeruk sudah diproses, kandungan berkurang cukup banyak. Jadi, disarankan untuk mengkonsumsi buah jeruk dalam bentuh utuh, jika anda ingin mendapatkan manfaatnya secara penuh.

  1. Buah Pepaya [39 Kkal, 1.95% AKG]

Buah pepaya memiliki daging buah yang sangat lembut dengan rasa manis yang enak. Buah papaya sangat bagus untuk membantu penurunan berat badan dengan cepat karena buah papaya mengandung enzim alami yang sangat unik yang mendorong proses pencernaan makanan dengan cepat. Buah papaya juga sangat kaya akan nutrisi antioksidan seperti vitamin C, carotene dan flavonoids.

  1. Buah Mangga [65 kkal, 3% AKG]

Buah mangga mengandung 130 kalori, vitamin C, 3 gram serat, kalsium dan vitamin A. Sebagai tambahan, buah mangga juga mengandung sedikit lebih banyak gula yang bisa sedikit merugikan. Tetapi agar manfaatnya dapat tetap terasa, jangan mengkonsumsi buah yang satu ini secara berlebihan.

  1. Buah Alpukat [160 Kkal, 8% AKG]

Banyak orang menganggap lemak dalam buah alpukat bisa menyebabkan kegemukan sehingga tidak cocok dikonsumsi sebagai buah buahan untuk diet. Tapi tenyata anggapan ini salah. Alpukat ini merupakan buah yang tidak hanya enak, tetapi juga bisa dikonsumsi dalam banyak cara. Selain itu, buah alpukat mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Ada pula potassium, zat anti inflamasi, vitamin, dan sangat baik untuk kesehatan jantung kita. Buah alpukat bisa dibuat jus, campuran salad, dimakan langsung atau yang lainnya.

  1. Buah Tomat [22 kkal, 1% AKG]

Kandungan gizi tomat menawarkan sejenis serat bernama oligofruktosa yang bisa membantu anda merasa kenyang lebih lama. Tomat juga mengandung banyak lycopene, yang sudah terbukti dapat meningkatkan kesehatan mata, mencegah kulit terbakar matahari dan mencegah kanker.

Buah buahan untuk diet ini bisa anda masukan ke dalam menu makanan sehari-hari secara bervariasi dan bisa membantu anda lebih cepat mendapatkan berat tubuh yang ideal. Namun jangan lupa untuk mmengonsumsi sayuran, yoghurt, kacang-kacangan dan lainnya agar kebutuhan nutrisi lain tetap terpenuhi. Semoga bermanfaat ^_^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s